About

Bulan Ramadhan



Sahabat, tidak terasa kita sudah memasuki tengah bulan pada bulan hijriah. Bulan pun bersinar dengan terangnya dan tak lagi malu – malu menampakkan wajahnya. Bagi sebagian orang, mungkin menganggap fenomena ini adalah fenomena alam biasa dan harinya pun dilalui dengan biasa-biasa saja.  Untuk seorang peneliti fenomena pasut (pasang – surut) air laut, mungkin fenomena ini adalah salah satu dari sekian  fenomena yang akan mempengaruhi hasil penelitiannya (sekadar info, bahwa pengamatan untuk  penelitian dan pemodelan pasut air laut biasanya memakan waktu berhari – hari, bahkan bertahun – tahun lamanya).
Tapi lain halnya dengan seorang muslim, hari tersebut menjadi suatu hari yang istimewa dimana ia telah diberikan kesempatan untuk bertemu dengan suatu amal ibadah yang mendapakan tempat istimewa, dan melaksanakannya dengan sepenuh hati. Apa itu? Shaum Ayyamul bidh (terjemahan kasar: puasa hari putih/terang ).

Apa sih istimewanya?
Kenapa puasa ini begitu istimewa? Ada beberapa Alasan mengapa puasa ini terasa begitu istimewa ,antara lain:
Bahwa puasa ini memiliki ganjaran yang sangat besar di sisi Allah, sudah tentu kita sebagai umat muslim akan rugi jika melewatkannya.

عبد الله بن عمرو، فقال النبي صلى الله عليه وسلم: "الخاصة بك بسرعة ثلاثة أيام من كل شهر. بل هو ثواب الأعمال الصالحة عشرة أضعاف، بأسرع ما من أي وقت مضى. "(رواه البخاري، مسلم، أبو داود، ونا ساي

Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallambersabda: “Puasalah tiga hari dari setiap bulan. Sesungguhnya amal kebajikan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, seolah ia seperti berpuasa sepanjang masa.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan an Nasai)  
Puasa ini juga puasa yang selalu dilakukan (sunah muakkad) oleh teladan terbaik kita Rasulullah Muhammad Saw, dan beliau juga mewasiatkannya kepada para sahabatnya juga umatnya:

أبو هريرة التهاب المفاصل الروماتويدي. وقال، "يا صديقي إغلاق (النبي محمد). قال لي ثلاثة أشياء: أن تصوم كل شهر ثلاثة أيام، دورتين الضحى والوتر صلاة قبل النوم" (مو تافا 'آلائه)

     ابن عباس. وقال، "رسول الله. أبدا كسر (وليس الصيام) في آية مول، البيض، سواء في الداخل أو على الذهاب. "(النسائي ساعة. سند حديث حسن)

Abu Hurairah ra. Berkata, “Teman dekatku (Nabi Muhammad saw.) berpesan tiga hal kepadaku: berpuasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat dhuha, dan shalat witir sebelum tidur.” (Muttafaq ‘alaih)
Ibnu Abbas ra. berkata, “Rasulullah saw. tidak pernah berbuka (tidak berpuasa) pada Ayyamul-Bidh, baik di rumah maupun sedang bepergian.” (h.r. Nasa’i. Sanad hadits ini hasan)

Luar biasa? pastinya…jadi tunggu apa lagi, pasang reminder di HP dan niatkan untuk melakukan puasa ini setiap bulannya.
 

Leave a Reply

apabila ada link yang rusak tolong coment

Blogger templates

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
lamongan, lamongan, Indonesia
saya seorang anak pendiam disekolah tapi saya pandai dalam menari sepeti break dance,saya bisa menciptakan imajinasi yg mungkin tidak q sangka